7 Tokoh Ilmuan Biologi Paling Terkenal Di Dunia

7 Tokoh Ilmuan Biologi Paling Terkenal Di Dunia – Biologi , tak pernah lepas dari tokoh-tokoh yang berkecimpung di dalamnya, mengenai penemuannya, experimennya, teorinya, dan masih banyak lagi. Tak lain adalah :

1. Antony van Leeuwenhoek


Tokoh Ilmuan Biologi Paling Terkenal Di Dunia
Antonie Philips van Leeuwenhoek (24 Oktober 1632 €” 30 Agustus 1723) adalah ilmuwan Belanda yang berasal dari Delft. Ia disebut sebagai “Bapak Biologi”, dan dianggap sebagai microbiolog pertama. Ia terlahir sebagai putra pembuat keranjang. Ia terkenal atas pengembangan mikroskop dan kontrobusinya terhadap didirikannya mikrobiologi. Ia adalah orang pertama yang mengamati dan mendeskripsikan organisme bersel satu.

2. Carolus Linnaeus

Tokoh Ilmuan Biologi Paling Terkenal Di Dunia

Carolus Linnaeus atau Carl (von) Linné (23 Mei 1907 €” meninggal di Uppsala, 10 Januari 1778 pada umur 70 tahun) adalah seorang ilmuwan Swedia yang meletakkan dasar tatanama biologi. Ia dikenal sebagai “bapak taksonomi modern” dan juga merupakan salah satu bapak ekologi modern.

Linnaeus ialah ahl botani yang paling dihormati pada masanya, dan ia juga terkenal dengan kemampuan bahasanya. Selain menjadi ahli botani, Linnaeus juga ahli dalam zoologi dan adalah seorang dokter.

Carolus Linnaeus lahir di Paroki Stenbrohult (sekarang termasuk wilayah administrasi Almhult), di bagian selatan Swedia. Ayahnya bernama Nils Ingemarsson Linnaeus dan ibunya bernama Christina Brodersonia. Pada tahun 1735 pula,Carolus Linnaeus menemukan sebuah sistem penamaan organisme/ makhluk hidup, sistem ini dikenal dengan nama Binominal Nomenclature. Setiap nama organisme terdiri dari dua nama dalam bahasa latin, karena bahasa latin atau yunani merupakan bahasa yang banyak dipakai di sekolah-sekolah atau lembaga akademik pada saat itu.

3. Gregor Mendel

Tokoh Ilmuan Biologi Paling Terkenal Di Dunia

Gregor Johann Mendel (lahir di Hyncice (Heinzendorf bei Odrau), Kekaisaran Austria , 20 Juli 1822 €” meninggal di Brno,Kekaisaran Austria-Hungaria , 6 Januari 1884 pada umur 61 tahun) disepakati sebagai Bapak Pendiri Genetika. Tinggal di Brno ( Jerman: Brunn), Austria, ia adalah seorang rahib Katolik yang juga mengajar di sekolah. Rasa ingin tahunya yang tinggi menuntun dia melakukan pekerjaan persilangan dan pemurnian tanaman ercis. Melalui percobaannya ini ia menyimpulkan sejumlah aturan (‘hukum’) mengenai pewarisan sifat yang dikenal dengan nama Hukum Pewarisan Mendel.

4. Louis Pasteur

Tokoh Ilmuan Biologi Paling Terkenal Di Dunia


Louis Pasteur (lahir 27 Desember 1822 €” meninggal 28 September 1895 pada umur 72 tahun) adalah ilmuwan kelahiran Perancis. Sebagai ilmuwan, ia berhasil menemukan cara mencegah pembusukan makanan hingga beberapa waktu lamanya dengan proses pemanasan yang biasa disebut pasteurisasi. Louis Pasteur memulai kariernya sebagai ahli fisika di sebuah sekolah lanjutan atas. Pada usia 26 tahun ia sudah menjadi profesor di Universitas Strasbourg, kemudian ia pindah ke Universitas Lille dan di sana pada tahun 1856 ia melakukan penemuan yang berarti sangat besar bagi bidang kedokteran. Penemuan awalnya adalah pasteurisasi yaitu mematikan bakteri yang ada di susu dengan pemanasan.

Pasteur juga membuat obat untuk pencegah penyakit antraks dan suntikan melawan penyakit anjing gila rabies. Pada waktu itu orang yang digigit oleh anjing gila akan menderita penyakit yang disebut hidrofobia. Suntikan rabies Pasteur tidak hanya mencegah tetapi juga mengobati penyakit tersebut. Pada hari ulang tahunnya yang ke 70 para dokter dan ilmuwan dari seluruh dunia berkunjung ke Paris untuk menghormatinya. Sejak tahun 1888 karya Pasteur dilanjutkan di Institut Pasteur di Paris. Kini institut itu mempunyai cabang di 60 negara. Makamnya terdapat di bawah Institut tersebut, jenazahnya dimasukkan ke dalam peti mati terbuat dari marmer dan granit.

5. Heinrich Anton de Bary


Tokoh Ilmuan Biologi Paling Terkenal Di Dunia

Heinrich Anton de Bary adalah ahli bedah sekaligus ahli botani, mikrobiologi, mikolgi berbangsaan jerman. Ia terutama mempelajari sistematika dan fisiologi jamur.

de Bary melakukan penelitian siklus hidup jamur dan dianggap sebagai bapak mikologi Modern. Ia membuktikan bahwa jamur patogenik (penyebab penyakit) buka di hasilkan dari sel / sekresi tumbuhan yang terserang. Ia juga melakukan serangkaian pengamatan bermacam-macam jamur penyebab penyakit pada tumbuhan.

Selain itu, de Bary juga mempelajari pembentukan lumut kerak yang merupakan gabungan dari jamur dan alga. Ia juga yang mencetuskan pertama kalinya kata ‘simbiosis’ .

6. Robert Koch 


Tokoh Ilmuan Biologi Paling Terkenal Di Dunia

adalah seorang ilmuan dari jerman yang merupakan pendir ilmu bakteorologi kedokteran modern. Ia berhasil mengisolasi beberapa bakteri penyebab penyakit, termasuk TBC, serta menemukan hewan2 pembawa penyakit berbahaya,…

Ia menjadi terkenal setelah menemukan bakteri antraks ( Bacillus anthracis ) pada tahun 1870-an. Ia memperoleh penghargaan Nobel dalam bidang Fisiologi / kedokteran untukpenemuan bakteri TBC pada tahun 1905.

7. Edwart jenner 

Tokoh Ilmuan Biologi Paling Terkenal Di Dunia

adalah seorang dokter yang menemukan vaksin unutk menyembuhkan cacar. Ia adalah tokoh yang meletakkkan dasar bagi Imunologi ( Ilmu tentang kekebalan tubuh ) Cacar merupakan penyebab kematian terbesar abad ke -18. Jenner mengamati bahwa antara pasiennya, yang selumnya terkena cacar ringan dari ternak,memiliki kekebalan yang lebih baik. Pada tahun 1796 ia memaparkan virus cacar ringan pada seorang anak, dan akhinya anak itu tidak terkena virus cacar kembali. Ia adalah penemu Vaksinasi dan ia pula yang memperkenalkan nama virus.

Nah, itulah 7 Tokoh Ilmuan Biologi Paling Terkenal Di Dunia semoga menambah wawasan anda.

http://bagusseven.blogspot.com/2012/11/10-tokoh-biologi-paling-terkenal.html

7 Cara Paling Kuno Mencegah Kehamilan

Cara Paling Kuno Mencegah Kehamilan

Di zaman modern, mencegah kehamilan bisa dilakukan dengan banyak cara yang tergolong mudah. Anda bisa menggunakan kondom, memasang alat kontrasepsi, atau meminum pil KB. Sementara orang-orang di masa lampau menggunakan banyak metode mencengangkan untuk mencegah kehamilan, seperti berikut ini.

1. Mesir kuno
Orang Mesir kuno menggunakan dua metode untuk mencegah kehamilan. Metode pertama adalah menggunakan kotoran buaya yang dikeringkan, sementara metode lain menggunakan campuran getah karet akasia, kurma, serat, dan madu. Mereka memasukkan hal-hal tersebut ke dalam vagina. Bisa Anda bayangkan seperti apa?

2. Yunani kuno
Orang Yunani kuno memasukkan testis kucing ke dalam vagina mereka untuk mencegah kehamilan.

3. Eropa Medieval
Orang Eropa kuno memiliki cara sendiri untuk mencegah kehamilan. Caranya adalah memasukkan spons yang sudah dicelupkan pada lemon ke dalam vagina mereka. Selain itu, wanita pada masa Medieval juga meminum air kencing domba dan darah kelinci untuk mencegah kehamilan.

4. Abad pertengahan
Wanita Persia di abad ke-11 memasukkan tar atau kotoran gajah ke dalam vagina mereka setelah berhubungan seksual. Ini dipercaya mampu mencegah kehamilan.

5. Jepang
Dari abad ke-12 hingga ke-14, pria Jepang menggunakan kondom yang terbuat dari tempurung kura-kura atau tanduk.

6. Kekaisaran Romawi
Pria bangsa Romawi membuat kondom mereka dari kandung kemih kambing. Mereka memakainya sebelum berhubungan seksual.

7. Afrika kuno
Wanita Afrika kuno menganggap bahwa minum air dan ludah unta akan membuat mereka terhindar dari kehamilan.

Nah, itulah 7 Cara Paling Kuno Mencegah Kehamilan semoga menambah wawasan anda.

http://bagusseven.blogspot.com/2012/10/9-cara-kuno-teraneh-untuk-cegah.html

7 Perang Saudara Paling Terkenal Di Dunia

7 Perang Saudara Paling Terkenal Di DuniaPerang saudara merupakan perang yang di lakukan bukan antar bangsa atau negara melainkan perang yang terjadi antara   beberapa faksi (=saudara) di dalam sebuah entitas politik. Tenyata di dunia ini telah banyak terjadi perang saudara yang banyak memakan korban jiwa. Nah berikut ini ada 7 Perang Saudara Paling Terkenal Di Dunia yang pernah terjadi di dunia kamu mau tahu perang saudara apa aja itu simak berikut ini.

1. Perang Saudara Amerika Serikat

perang saudara amerika

Perang Saudara Amerika Serikat (1861€”1865), juga dikenal sebagai Perang Antar Negara Bagian (lihat nama-nama lain), adalah sebuah perang saudara di Amerika Serikat. Sebelas negara bagian budak di Selatan mengumumkan pemisahan dari Amerika Serikat dan membentuk Konfederasi Amerika yang dikenal sebagai €œKonfederasi€. Dipimpin oleh Jefferson Davis, pihak Konfederasi memperjuangkan kemerdekaannya dari Amerika Serikat. Pemerintah federal Amerika Serikat (AS) didukung oleh dua puluh negara bagian, kebanyakan negara bagian bebas yang telah menghapus perbudakan dan lima negara bagian budak yang kelak dikenal sebagai negara bagian perbatasan. Keduapuluhlima negara bagian ini yang disebut sebagai Uni, memiliki basis populasi dan industri yang lebih besar ketimbang Selatan. Setelah empat tahun perang berdarah (kebanyakan di negara bagian Selatan), Konfederasi menyerah dan perbudakan dihapus di seluruh negara. Restorasi Serikat, dan Era Rekonstruksi yang mengikutinya, menghadapi masalah yang masih belum terselesaikan selama beberapa generasi selanjutnya.

Perang Saudara Amerika adalah menjadi salah satu perang pertama yang menunjukkan perang industri persenjataan dalam sejarah manusia. Pembuatan rel kereta, kapal-kapal uap, produksi senjata secara massal, dan berbagai macam alat militer lainnya dilakukan di mana-mana. Praktek perang total yang dikembangkan oleh Sherman di Georgia dan perang parit di sekitar Petersburg menjadi salah satu taktik yang digunakan dalam Perang Dunia I di Eropa.

2. Perang Saudara Rusia

pernag saudara rusia

Perang saudara Rusia adalah perang saudara yang terjadi dari tahun 1918 sampai tahun 1922 antara beberapa kelompok dan negara di Rusia. Pertempuran utama terjadi antara dua kelompok besar, yaitu Pemerintah Uni Soviet yang baru dengan Tentara Merah dan Kelompok Nasionalis Rusia dengan Tentara Putih. Tentara Merah adalah cabang angkatan bersenjata Uni Soviet yang dibentuk mengikuti Revolusi Oktober tahun 1917. Tentara Putih yang disokong oleh beberapa negara sekutu, seperti Amerika Serikat, Inggris, Perancis, Polandia, Italia, Jepang dan beberapa negara lainnya melawan pemerintah Rusia yang baru dibawah kendali Bolshevik. Beberapa negara bagian juga memberontak menentang pemerintahan komunis Uni Soviet. Akhirnya, Uni Soviet berhasil memenangkan perang ini dan semakin memperkuat kedudukannya atas daerah-daerah eks Kekaisaran Rusia.

3. Perang Saudara Cina

perang saudara china

Perang Saudara Cina adalah konflik di Cina antara Kuomintang (KMT) dan Partai Komunis Cina (PKC). Perang ini berawal pada 1927 setelah Ekspedisi Utara di mana faksi sayap kanan KMT, dipimpin oleh Chiang Kai-shek, melepaskan pihak Komunis dari aliansi KMT-PKT. Konflik utama berakhir secara tak resmi pada tahun 1950 dengan pihak Komunis menguasai Cina Daratan (termasuk Pulau Hainan) dan pihak Nasionalis dibatasi di sisa wilayah mereka di Taiwan, Penghu, dan beberapa pulau-pulau luar Fujian.

4. Perang Saudara Spanyol

perang saudara spanyol

Perang Saudara Spanyol, yang berlangsung dari 17 Juli 1936 hingga 1 April 1939, adalah konflik antara kaum Nasionalis yang dipimpin oleh Jenderal Francisco Franco yang mengalahkan kaum Loyalis yang dipimpin oleh Presiden Manuel Azaña dari Republik Spanyol Kedua. Kaum Loyalis mendapatkan senjata dan relawan dari Uni Soviet dan gerakan Komunis internasional, sementara kaum Nasionalis (atau Francois) didukung oleh negara-negara Fasis, termasuk Italia dan Jerman. Kaum Republikan terdiri atas kaum sentris (tengah) yang mendukung demokrasi liberal kapitalis hingga komunis dan kaum revolusioner anarkis. Basis kekuatan mereka terutama adalah sekular dan urban (meskipun juga termasuk kaum buruh tani yang tidak memiliki tanah) dan khususnya kuat di wilayah-wilayah industri seperti Asturias dan Catalunya. Negeri Basque yang konservatif juga memihak dengan Republik, terutama karena ia, bersama-sama dengan tetangganya Catalunya, berusaha mendapatkan otonomi dari pemerintahan pusat yang belakangan ditindas dengan menciptakan sentralisasi terhadap kaum nasionalis. Kaum Francois umumnya memiliki basis dukungan di pedesaan, masyarakat yang kaya dan konservatif. Pada umumnya mereka Katolik Roma, dan mendukung sentralisasi kekuasaan. Sebagian dari taktik-taktik militer dalam perang ini €” termasuk penggunaan taktik-taktik teror terhadap kaum sipil €” mendahului apa yang kelak terjadi dalam Perang Dunia II, meskipun baik kaum Nasionalis maupun Republikan sangat mengandalkan pasukan infantri ketimbang menggunakan taktik-taktik modern seperti blitzkrieg (serangan kilat) dengan tank dan pesawat-pesawat terbang.

5. Perang Saudara Lebanon

perang saudara libanon

Perang Saudara Lebanon adalah perang saudara yang meletus di Lebanon. Perang ini berlangsung dari tahun 1975 hingga 1990 dan mengakibatkan 130.000 hingga 250.000 penduduk tewas.

Tidak ada konsensus di antara ahli dan peneliti mengenai apa yang menyebabkan Perang Saudara Lebanon. Keterlibatan Suriah, Israel, Amerika Serikat dan Organisasi Pembebasan Palestina memperburuk konflik. Setelah pertempuran berakhir sebentar pada tahun 1976 karena mediasi Liga Arab dan intervensi Suriah, perselisihan Palestina-Lebanon berlanjut, dengan pertempuran terpusat di Lebanon Selatan.

6. Perang Saudara Inggris

Perang Saudara Inggris adalah seri konflik bersenjata yang terjadi antara Parliamentaria dan Royalis antara tahun 1642 dan 1651. Perang saudara Inggris pertama (1642€”1646) dan kedua (1648€”1649) terjadi antara pendukung Raja Charles I melawan mendukung Long Parliament, sementara perang ketiga (1649€”1651) merupakan perang antara pendukung Raja Charles II dan pendukung Rump Parliament. Perang ini berakhir dengan kemenangan parlementer pada Pertempuran Worcester tanggal 3 September 1651.

7. Perang Saudara Kamboja

perang saudara kamboja

Perang Saudara Kamboja adalah konflik yang terjadi antara tentara Partai Komunis Kampuchea dan sekutu mereka Republik Demokratik Vietnam (Vietnam Utara) dan Front Nasional Pembebasan Vietnam Selatan melawan pemerintah Kamboja yang didukung ole Amerika Serikat dan Republik Vietnam (Vietnam Selatan).

Nah, itulah 7 Perang Saudara Paling Terkenal Di Dunia semoga menambah wawasan anda.

http://bagusseven.blogspot.com/2012/11/10-perang-saudara-yang-pernah-terjadi.html

Tiga Kuliner Indonesia Ini Masuk Sebagai Makanan Paling Enak di Dunia

Makanan paling enakPalingseru.com

Indonesia merupakan negara yang memiliki banyak kuliner khas yang pastinya memiliki rasa yang sangat enak enak, namun dari banyaknya kuliner yang ada di Indonesia ternyata ada tiga kuliner khas Indonesia yang masuk dalam daftar makanan paling enak di dunia.

CNN sebagai salah situs travel populer di dunia sempat merilis 50 makanan paling enak di dunia namun dari daftar yang di rilis CNN ini banyak mendapatkan kritikan tajam, akhirnya CNN melakukan poling ulang di Facebook untuk menentukan makanan apa saja yang paling enak di dunia.

Nah dari poling ini ternyata makanan dari Indonesia rendang dan nasi goreng mendapatkan peringkat pertama dan kedua sementara Sate berada pada posisi 14 sebagai makanan paling enak di dunia.

Nah kamu mau tahu 50 makanan apa saja yang paling enak di dunia ini simak daftarnya berikut ini:
1. Rendang (Indonesia)
2. Nasi goreng (Indonesia)
3. Sushi (Jepang)
4. Tom yam goong (Thailand)
5. Pad thai (Thailand)
6. Som tam (Thailand)
7. Dim sum (Hong Kong)
8. Ramen (Jepang)
9. Bebek peking (China)
10. Massaman curry (Thailand)
11. Lasagna (Italia)
12. Kimchi (Korea)
13. Chicken rice (Singapura)
14. Sate (Indonesia)
15. Es krim (AS)
16. Kebab (Turki)
17. Gelato (Italia)
18. Croissant (Prancis)
19. Green curry (Thailand)
20. Pho (Vietnam)
21. Fish and chips (Inggris)
22. Egg tart (Hong Kong)
23. Bulgogi (Korea)
24. Fried rice (Thailand)
25. Cokelat (Meksiko)
26. Penang asam laksa (Malaysia)
27. Tacos (Meksiko)
28. Barbecue pork (Hong Kong)
29. Chili crab (Singapura)
30. Cheeseburger (AS)
31. Fried chicken (AS)
32. Lobster (global)
33. Seafood paella (Spanyol)
34. Shrimp dumpling (Hong Kong)
35. Neopolitan pizza (Italia)
36. Mo nam tok (Thailand)
37. Potato chips (AS)
38. Warm brownie dan es krim vanilla (global)
39. Masala dosa (India)
40. Bibimbap (Korea)
41. Galbi (Korea)
42. Hamburger (Jerman)
43. Fajitas (Meksiko)
44. Laksa (Singapura)
45. Roti prata (Singapura)
46. Sirup maple (Kanada)
47. Fettucini alfredo (Italia)
48. Parma ham (Italia)
49. Lechon (Filipina)
50. Gui cuon (Vietnam)

Cerita Lucu: Dikira Sedang Mesum di Kamar

cerita lucuPalingseru.com

Suatu hari ada dua orang sahabat sedang curhat. Mereka asik berbicara mulai dari yang biasa-biasa sampai yang sedikit jorok. Ya namanya juga anak muda ya.

Nah kira-kira begini cerita mereka berdua ketika sedang bercakap mengobrol:
Asep: “Pin, mau tau gak??”€.
Ipin: “€œapa Sep?”.
Asep: “kemaren gua ajak DIA ke kamar?”€.
Ipin: “€œwah.. Cuma berdua aja dikamar?”€.
Asep: “€œiya.. Habis itu gua kunci pintu, takut ada yg ngeliat”€.
Ipin: “€œtrus dia, lo apain Sep?”€.
Asep: “€œpas baru masuk kamar gua cuma memandangi dia aja, tapi lama2 gua jadi nafsu”€.
Ipin: “€œtrus.. Trus..??”€.
Asep: “€œtrus gua raba tubuhnya yg masih tertutup baju warna biru”€.
Ipin: “€œtrus..!!”€.
Asep: “€œgua buka pakaiannya”€.
Ipin: (mikir ngeres) “€œtrusin Sep.. Gua udah ga sabar”€.
Asep: “trus gua mulai menjilati susunya yg bulat dan putih itu”€.
Ipin: (tambah ngeres) “€œgimana rasanya??”€.
Asep: “€œhmm.. Pokoknya enak banget”€.
Ipin: “€œoiya, ngomong2 nama dia siapa?”€.
Asep: “€œnamanya: OREO”€.
Ipin: “Wah gila lu sep, dikirain lo lagi mesum sep ..”
Asep: “Siapa juga yang mesum kan ane lagi makan oreo seperti di tv dijilat dicelupin lalu dimakan deh hahahaha”.

Playstation Thumb, Penyakit Berbahaya Akibat Sering Main PS

penyakit suka main psPalingseru.com

Suka main Playstation atau PS jika suka ada baiknya kamu jangan suka main Playstation keseringan sehingga lupa waktu sebab jika kamu keseringan main Playstation ada sebuah penyakit berbahaya yang akan mengincar kamu.

Seperti yang dikutip dari dari Odde orang yang kesukaan main Playstation atau PS akan menderita penyakit yang disebut “Playstation Thumb”€™. Nama “€˜Playstation Thumb”€™ ini sendiri sebenarnya bukan nama asli dari penyakit yang bisa menyerang orang yang suka main PS nama penyakit aslinya adalah “€˜Stenosing Tenosinovitis”€™.

Stenosing tenosinovitis adalah kondisi yang menyakitkan saat jari atau jempol seperti terkunci dan tak bisa digerakkan, baik ditekuk atau diluruskan.

Hal ini disebabkan saraf yang terletak pada jempol atau jari lainnya mengalami penyempitan dan peradangan. Penyempitan saraf tersebut lantas mengakibatkan pembengkakan pada ibu jari dan terlihat sangat mengerikan, bahkan seperti melepuh.

Jika kamu yang sudah mengalami penyakit ini akibat terlalu banyak main PS, ISTIRAHAT merupakan cara paling ampuh mengobati penyakit ini, usahakan jangan bermain PS lagi sampai tangan dan jari jari kamu benar benar sembuh.

Pengobatan lainnya bisa menggunakan obat-obat yang disarankan oleh dokter. Namun apabila terlalu parah, bedah adalah salah satu solusi untuk membuka saraf yang mengalami penyempitan.

Kamu Kecanduan Seks? Begini Cara Mengobatinya

kecanduan seksPalingseru.com – Kecanduan seks merupakan ganguan seksual yang biasa terjadi pada manusia, biasanya orang yang kecanduan seks akan berpikir tentang seks, suka berhubungan, suka nonton film porno dan juga menyukai semua hal yang berhubungan tentang seks kapan pun dan di mana pun.

Tentunya kondisi seperti ini tidak normal dan bisa menggangu aktifitas keseharian kamu, nah bagi kamu yang merasa mengalami kecanduan seks ada baiknya cepat cepat kamu obat.

Nah pastinya kamu mau tahu yang bagaimana cara mengobati kecanduan seks?

Caranya cari bantuan dari kelompok penderita kecanduan seks. Dari situ, sesama penderita bisa bebas berbagi dan saling membantu. Sebab biasanya tak banyak orang yang mau membagi kondisinya pada orang normal. Sehingga dengan bertemu dengan orang yang sama-sama memiliki kondisi tertentu, kecanduan seks bisa segera disembuhkan.

Jika sudah bergabung, jangan malas datang ke pertemuan rutin di dalamnya. Secara berkelanjutan, penderita akhirnya bisa merasakan perubahan yang dialami karena rajin mengikuti pertemuan antar penderita kecanduan seks.

Jangan lupa memberi tahu keluarga. Dengan begitu mereka akan sepenuhnya mendukung dan juga menolong penderita hingga sembuh.

Tak berhasil dengan bergabung bersama kelompok penderita kecanduan seks? Segera temui terapi. Berbicara pada yang ahli tentu bisa memberikan jalan keluar atau sekadar alternatif yang lebih baik.

Cara yang paling ampuh adalah pada diri sendiri cobalah untuk bertekat sembuh dari kecanduan seks tersebut.